Contact Person 083.827.778.005 . SMS DENGAN FORMAT : JUMLAH PESAN - NAMA - ALAMAT LENGKAP - NO HP

Senin, 28 September 2015

Pantangan Makanan Penyakit Hepatitis B





devina putri | 20.23 | 41 Comments




Penyakit hepatitis B merupakan satu virus hepatitis yang lebih parah dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua umur. Dan yang membahayakan adalah bahwa virus ini merupakan jenis penyakit yang bisa menular. Penyakit hepatitis B merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual dari cairan sperma (sexual transmitted disease/STD), darah atau cairan tubuh lainnya. Penyakit ini dapat menimbulkan penyakit serius dan mengakibatkan kerusakan hati yang dapat berakhir dengan kematian atau kanker hati. Hepatitis B terdiri dari antigen permukaan (surface antigen) yang disebut dengan antigen Australia, karena antigen ini pertama kali di jumpai di Australia. 

Penularan hepatitis B bisa terjadi dengan cara vertikal dan horisontal, penularan secara vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan. Sedangkan penularan secara horisontal yaitu terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut (sariawan, gusi berdarah,dll), lendir (berciuman) atau luka yang mengeluarkan darah serta hubungan seksual dengan penderita.

Berikut ini gejala penyakit hepatitis B
  1. Nyeri pada area perut
  2. Nyeri sendi
  3. Hilang nafsu makan
  4. Mual dan muntah
  5. Lemah dan kelelahan
  6. Kulit dan mata tampak menjadi kuning

Berikut ini pantangan makanan penyakit hepatitis B

  1. Hindari makanan dengan kandungan tinggi lemak seperti daging kambing, babi, jeroan, es krim, susu full cream, keju, mentega/margarine, makanan berminyak dan makanan bersantan.
  2. Makanan dalam kemasan kaleng seperti sarden dan cornet.
  3. Kue dan cemilan dengan kandungan tinggi kalori dan lemak jenuh, seperti kue tart, gorengan, fast food.
  4. Makanan yang menimbulkan gas, seperti ubu, kacang merang, lobak, mentimun, durian, kool, sawi, dan nangka
  5. Bumbu masakan yang memiliki aroma dan rasa yang cukup tinggi seperti cabai, jenis bawang-bawangan, merica/ lada, cuka, jahe,dll
  6. Minuman beralkohol dan bersoda seperti alkohol dan minuman yang mengandung soda.
Makanan yang cocok bagi penderita hepatitis B
  1. Makanan yang mengandung sumber hidrat arang seperti nasi, havermout, roti putih, umbi-umbian.
  2. Makanan yang mengandung sumber protein antara lain telur, ikan, daging, ayam, tempe, tahu, kacang hijau, sayuran dan buah-buahan yang tidak menimbulkan gas.
  3. Makanan yang mengandung hidrat arang tinggi dan mudah dicerna seperti gula-gula, sari buah, selai, sirup, manisan dan madu. 


By devina putri
Terimakasih yang sudah mengunjungi blog kami, semoga informasi kami dapat bermanfaat







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

41 komentar:

  1. Ngeri juga ya, penyakit hepatitis B ini, dan pantangannya juga banyak serta makanan yang ena-enak ya.

    BalasHapus
  2. Wah pantangannya banyak sekali ya mbak..
    semoga kita dijauhkan dari penyakit ini :)

    BalasHapus
  3. Ya hindari makanan yg memang tidak baik bagi kesehatan kita betullllll

    BalasHapus
  4. Saya doyan daging kambing, fav keluarga. ... kudu hati2 nih.
    terimakasih artikelnya mjd pengingat utk jaga kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, ini hanya pantangan bagi penderita hepatitis, kalo tidak memiliki riwayat penyakit tersebut, tidak perlu khawatir bu :)

      Hapus
  5. pernah tetangga saya kena penyakit hepatitis B. kata dokternya juga menular lewat cucian, alat makan dll yang dipakai bersama. bener gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya engga sampe segitunya yang saya tau,penularan nya udah di jelasin di artkel di atas :)

      Hapus
  6. semoga tidak terkena penyakit ini, saya bingung perbedaan hepatitis a, b dst hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo hepatitis B dari ciri2 nya aja biasanya matanya kuning dan juga menular

      Hapus
  7. Denger nama penyakitnya saja sudah serem apalagi menular perlu diwaspadai

    BalasHapus
  8. harus ekstra waspada nih, terutama yang suka menerima donor darah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya penularan lewat alat suntik

      Hapus
  9. sakit hepatitis b memang banyak pantangan makanan ya kak, hamir sama dengan penyakit lainnya pulak rupanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak sekali kang pantangan makanan nya

      Hapus
  10. walaupun tidak mengidap penyakit hepatitis ada baiknya makanan pada jajaran pantangan tersebut dikonsumsi sewajarnya agar tidak berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba elsa, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dan secukupnya saja

      Hapus
  11. Ternyata banyak juga ya Mbak Pantangan Makanan Penyakit Hepatitis B di atas. Setelah melihat makanan yang cocok untuk penderita Hepatitis B, timbul pertanyaan dalam hati saya yang mungkin ini juga pertanyaan penderita hepatitis B.

    Misalkan saya penderita Hepatitis B, saya dibolehkan memakan ikan, daging ayam, telur, tempe, tahu. Namun bagaimana saya harus mengolah bahan makanan tersebut, sementara memasak dengan cara digoreng tidak dibolehkan, kalaupun direbus, menambahkan bumbu bawang-bawanganan, cabai, merica dan lada juga tidak dibolehkan ?.

    Solusi dari Mbak Devina tentunya akan sangat membantu khususnya kepada para penderita Hepatitis B tentang bagaimana cara mengolah makanan yang dibolehkan tanpa melanggar pantangan yang ada.

    O iya kunjungan perdana saya di sini, mohon maaf jika sudah banyak bertanya ya Mbak. Salam Kenal dan Sukses selalu buat Mbak Devina Putri. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengolahnya kan banyak caranya, tidak hanya harus di goreng, misalkan di rebus, kalo pun di rebus kan masih banyak bumbu2 lain selain bawang, merica, dll. Oh ya saya pernah baca di beberapa artikel ada beberapa menu untuk penderita hepatitis.
      Bagaimana caranya memasak?

      Bila memasak daging, pilihlah daging yang kurus, lalu keluarkan bagian – bagian yang berlemak.
      Memasak sebaiknya dikukus, direbus, dipanggang, diungkep, atau ditumis. Hindari makanan yang digoreng.
      Sebagian dari sayur sebaiknya dimakan mentah atau sebagai lalapan.

      Contoh Menu

      Menu Hari Pertama
      Makan Pagi
      - Jaffle Telur
      - Susu skim (Rendah Lemak)
      Selingan Pagi : Puding cokelat
      Makan Siang :
      - Bubur Ayam Alami (tanpa bumbu kuning)
      - Telur rebus matang
      - Pepes tahu putih telur
      - Tumis buncis muda
      - Jus melon
      Selingan Sore : Agar–agar buah
      Makan Malam :
      - Bubur tim saring
      - Sup (Tofu,Wortel, Daun bawang, Seledri, Dada Ayam)
      - Abon tabur


      - Yoghurt

      Menu Hari kedua
      Makan Pagi
      - Sandwich Dada Ayam
      - Teh Manis
      Makan Siang :
      - Bubur Tim Udang
      Cara: Beras yang telah dicuci bersih, udang kupas bersih, dada ayam, wortel, sedikit bawang putih,
      gula, dan garam (Blender)
      - Abon Tabur
      - Jus Wortel
      Makan Malam :
      - Bubur tim saring
      - Ayam bakar suwir (Rendah Bumbu)
      - Sup Brokoli
      - Korma
      - Air Mineral
      - Jus Tomat

      Menu Hari ketiga
      Makan Pagi :
      - Bubur kacang hijau
      - Roti Tawar
      Makan Siang :
      - Nasi Tim
      - Pepes tahu tempe
      - Sup bayam
      - Pepaya Potong dengan taburan gula pasir
      Makan Malam:
      - Gado-Gado rebus (rendah bumbu, tanpa timun)
      - Jus Sirsak

      Menu Hari Keempat
      Makan Pagi :
      - Bakpao
      - Teh manis
      Makan Siang:
      - Nasi Tim
      - Sup ayam makaroni (dada ayam, makaroni, wortel, seledri daun bawang, bawang putih)
      - Jus tomat
      Makan Malam :
      - Nasi tim
      - Sapo tahu
      - Jus pepaya
      - Pudding

      Menu Hari Kelima
      Makan Pagi :
      - Jagung Rebus
      - Susu Skim
      Makan Siang :
      - Bubur Pangsit Ayam Kukus
      - Roti Kukus
      - Semangka Potong
      Makan Malam
      - Nasi Tim
      - Tumis Pare/kangkung
      - Telur Rebus Matang
      - Jus Apel

      Menu Hari Keenam
      Makan Pagi :
      - Roti selai
      - Teh manis
      Makan Siang :
      - Nasi tim
      - Sayur bening labu siam
      - Abon Tabur
      - Telur rebus matang
      - Jus melon
      Makan Malam :
      - Kentang Rebus Halus
      - Seledri tabur
      - Ayam bakar suwir (rendah bumbu)
      - Yoghurt
      - Jus Tomat

      Hapus
    2. Lengkap sekali jawaban yang Mbak Devina berikan diatas. Saya rasa Komentar Mbak Devina diatas pantas jadi komentar terbaik. Tentunya pilihan menu diatas bisa dijadikan menu untuk penderita hepatitis b ya Mbak. Terima kasih atas solusinya dan mohon maaf jika pertanyaan saya merepotkan Mbak Devina. :D

      Hapus
  12. wah banyak banget makanan yg tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit hepatitis B yambak.
    moga kita semua nggak terkena penyakit ini dan penyakit2 yg lain

    BalasHapus
  13. Iya banyak banget pantangan makanan ya, semoga yang menderita penyakit hepatitis B semoga lekas sembuh, dan semoga kita semua terhindar dari penyakit ini, amin.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga semua terhindar dari penyakit ini

      Hapus
  14. asupan makanan harus dijaga, apalagi ada yang harus dihindari
    makasih mba, rupanya kalo sudah terkena hepatitis B mesti selektif makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus lebih selektif lagi dalam memilah dan memilih makanan

      Hapus
  15. Sebenarnya biarpun tidak terkena penyakit apapun kita perlu menjaga pola makan, dan jangan terlalu berlebihan memakan sesuatu, karena sesuatu yang berlebihan bisa berakibat tidak baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, sesuatu yang berlebihan memang kurang baik

      Hapus
  16. maaf nih oot. mbak seorang affiliate ya..

    BalasHapus
  17. Keponakan saya meninggal karena penyakit kuning, tapi ngga tau dia kena penyakit apa, padahal usianya masih kecil., ngeri juga kalah penyakit hepatitis B dapat ditularkan melalui darah, berarti kalau ada orang sakit butuh darah, harus di tes darahnya yang akan di donorkan ke pasien ya, supaya tidak tertular dengan penyakit ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan kalo mau donor darah juga sebelumnya suka di periksakan dulu keadaan kesehatan nya, jadi pihak medis biasanya ga sembarangan menerima donor darah

      Hapus
  18. ternyata banyak juga ya mba Pantangan makanan yg harus dihindari oleh penderita Penyakit Hepatitis B...

    BalasHapus
  19. ada teman saya yg pernah menderita hepatitis B (kdg masih kambuh kalau kecapekan/stress), dan kebetulan pula dia tak suka daging kambing. Ternyata match dgn pantangan bagi penderita hepatitis B yg mmg kudu berpantangan makan daging kambing ya

    BalasHapus
  20. susah juga kalo udah sakit ya. mending mencegah daripada mengobati

    BalasHapus