Contact Person 083.827.778.005 . SMS DENGAN FORMAT : JUMLAH PESAN - NAMA - ALAMAT LENGKAP - NO HP

Selasa, 04 Agustus 2015

Makanan yang tidak boleh di konsumsi paca operasi usus buntu





devina putri | 23.27 | 55 Comments




Penyakit radang usus buntu bisa menyerang siapa saja baik anak maupun dewasa. Usus buntu adalah usus yang menggantung alias buntu tidak tersambung dengan bagian lain. Meski begitu usus buntu ini berfungsi sebagai rumah bakteri baik yang mana jika bakteri baik dalam tubuh terjaga maka kekebalan tubuh juga akan terjaga. Gejala utamanya adalah sakit di bagian perut. Lokasi nyeri yang muncul mungkin akan bervariasi, hal ini tergantung pada usia dan posisi usus buntu. Pada anak kecil atau permpuan hamil, sakit yang muncul mungkin berbeda. Kadang ketika perut sakit orang jarang yang berpikir itu susu buntu tapi menduga nya maag. Tapi sebenarnya gejala radang usus buntu memang sangat khas.

Berikut ini ciri-ciri gejala penyakit usus buntu:
  1. Rasa sakit yang dimulai di sekitar pusar dan sering juga di bagian bawah kanan perut.
  2. Rasa sakit akan semakin terasa selama beberapa jam.
  3. Rasa sakit akan semakin timbul jika daerah perut bagian kanan bawah ditekan dan kemudian tekanan dengan cepat dilepaskan.
  4. Nyeri yang memburuk ketika sedang batuk, berjalan atau melakukan gerakan lain yang mengguncang tubuh.
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Mual dan muntah karena adanya hambatan pada usus
  7. Demam
  8. Sembelit
  9. Ketidak mampuan membuang gas.
  10. Diare 
  11. Perut terlihat membengkak
Pasca operasi usus buntu pasti meninggalkan luka dan rasa nyeri, jangan khawatir itu adalah efek samping yang normal setelah dilakukan prosedur bedah, dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa nyeri sesuai kebutuhan dan juga antibiotik agar terhindar dari infeksi.

Makanan yang tidak boleh di konsumsi paca operasi usus buntu
Untuk hari pertama setelah operasi tidak dianjurkan minuman yang memiliki kadar gula seperti seperti kopi, jus, teh dll. Selain itu makanan yang berkarbohidrat juga anda kurangi terlebih dahulu karena makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi bisa menghasilkan banyak gelembung dan gas. Gelembung dan gas itu bisa menjadi ketidaknyamanan dan diare. Hindari juga minuman yang mengandung alkohol dan soda sampai Anda benar-benar pulih. Soda atau alkohol dapat bereaksi negatif dengan obat yang diberikan pasca operasi usus buntu.

Pasca operasi usus buntu makanan yang dianjurkan adalah makan makanan lunak dan mudah dicerna yang tidak menyebabkan mual dan muntah. Seperti yogurt, karena mengandung protein yang tinggi untuk membantu Anda memulai penyembuhan. Labu juga sangat baik dikonsumsi pasien pasca operasi usus buntu, ini adalah makanan yang lunak dan mudah dicerna. Beberapa kandungan nutrisi pada labu juga membantu mempercepat penyembuhan. Cara mengolahnya anda bisa sajikan dengan bubur labu. Selain labu sumber makanan lain dari beta – karoten , wortel dan sayuran hijau juga bisa anda gunakan.

Secara umum, untuk mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan kondisi pasien pasca operasi, perlu di perhatikan tips di bawah ini:
  1. Makan makanan bergizi, misalnya: nasi, lauk pauk, sayur, susu, buah.  
  2. Konsumsi makanan (lauk-pauk) berprotein tinggi, seperti: daging, ayam, ikan, telor dan sejenisnya. 
  3. Minum sedikitnya 8-10 gelas per hari. 
  4. Usahakan cukup istirahat. 
  5. Mobilisasi bertahap hingga dapat beraktivitas seperti biasa. Makin cepat makin bagus. 
  6. Mandi seperti biasa, yakni 2 kali dalam sehari. 
  7. Kontrol secara teratur untuk evaluasi luka operasi dan pemeriksaan kondisi tubuh. 
  8. Minum obat sesuai anjuran dokter.


By devina putri
Terimakasih yang sudah mengunjungi blog kami, semoga informasi kami dapat bermanfaat







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

55 komentar:

  1. susah juga ya kalau sakit usus buntu. makan aja dilarang-larang... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oleh karena itu harus menjaga kesehatan :)

      Hapus
  2. Sebelum terjadi operasi, lebih baik menjaga usus buntu agar tidak mengeluarkan biaya operasi dan berhadapan dengan banyak larangan terhadap makanan...Betulkah begitu, mbak?

    BalasHapus
  3. kata orang-orang usus buntu operasinya dianggap operasi ringan, yang paling penting adalah pasca operasinya, apalagi soal makanan harus dijaga dan dipilah banget yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget kang, memang sih operasi buntu itu termasuknya operasi ringan tapi kalo ga di jaga makanan nya ya bakal kambul lagi

      Hapus
    2. greget pisan mang lembu,,jaga kesehatan ya mang,udah punya cucu :D

      Hapus
  4. Jadi gak boleh sembarangan makan ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya habis oprasi appendix kak.. katanya makan telor gk boleh y

      Hapus
  5. Kalau operasi usus buntu, berarti ususnya di potong kan, itu tandanya udah ngga perlu takut lagi usus buntu ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih tapi kan bisa kambuh lagi kalo kita nya ga jaga pola makan :)

      Hapus
    2. Kan usus buntunya udah di potong... bisa kambuh lagi yah...

      Hapus
  6. memang susah juga kalau udah kena penyakit usus buntu...kawan saya sampai ada yang pingsan menahan sakitnya...sekali diperiksakan ternyata kena usus buntu...terus beberapa haru hanya dianjurkan makan bubur manis sama buah mbak....semoga aja kita tidak kena usus buntu yang mengerikan, amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, kalo pasca usus buntu memang di anjurkan makanan yang lembek dulu mbah

      Hapus
  7. sehat itu nilai dan manfaatnya memang tidak mudah dimengerti
    kalo sudah sakit saja baru sadar harus menjaga kesehatan,,heu
    makan aja mesti yg lembek",kebayang deh pasti tidak nafsu makannya juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang namanya sakit pasti nafsu makan pasti berkurang di tambah pantangan makanan yang begitu banyak jadi ketika sedang tidak sakit, jagalah kesehatan :)

      Hapus
  8. Iya Mba, kebanyakan kalo sedang sakit perut, orang2 pada ngira kena maag. Padahal bisa jadi terkena penyakit usus buntu,
    haduuh serem juga ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba, memang gejalanya aga mirip dikit

      Hapus
  9. kayaknya banyak sekali penderita penyakit yg tidak boleh meminum kopi salah satunya usus buntu ini yambak

    BalasHapus
  10. Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati, kalau sudah terkena penyakit parah. Makan aja banyak yang dipantang. Mudah-mudahan kita ga terkena penyakit usus buntu ya Mbak

    BalasHapus
  11. kesehatan akan terasa berharga jika sudah mengalami sakit.dengan menghindari makanan tersebut mungkin bisa mencegah usus buntu..

    BalasHapus
  12. ternyata banyak juga makanan yg harus menjadi pantangan bagi yg sudah dioperasi usus buntu ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu membuktikan kita tambah ilmu baru mas, jadi bisa buat pengetahuan kita

      Hapus
  13. Makasih ilmu kesehatannya gan, ini sangat bermanfaat, jadi harus lebih hati-hati nih!

    BalasHapus
  14. semoga saya tidak mengidap penyakit ini mbak, dengan menerapkan pola hidup sehat bisa dipastikan kesehatan akan lebih terjaga

    BalasHapus
  15. Abis operasi usus buntu banyak pantangannya ya..

    BalasHapus
  16. Wah... baru tahu nih. TFS :)

    BalasHapus
  17. repot juga, harus pantangan makanan, jadi beberapa makanan favorit mesti dihindari.
    lebih jaga kesehatan dan perhatikan asupan makanan yg baik untuk tubuh

    BalasHapus
  18. Dulu sering sakit perut, kirain usus buntu. Tapi ternyata kata dokter kram usus. Harus jaga kesehatan, nih :)

    BalasHapus
  19. ternyata banyak juga pantangannya ya mbak

    BalasHapus
  20. makasih banyak infonya, kebetulan kakek saya pernah oprasi usus buntu

    BalasHapus
  21. Punya saya, sudah sampai pecah malam kamis semalam operasi nya, alhamdulillah udah membaik, tapi masih saja deyut dan nyeri

    BalasHapus
  22. saya juga baru terkena usus buntu di operasi pada tanggal 19 Jan kemarin. Usus buntunya telah kronis, sudah sampai pecah dan dibedah pd bagian tengah karena perlu dibersihkan bagian perut yg lain juga. Gejala awal seperti maag. Jauh sebelumnya memang pnh merasakan nyeri pada bagian kanan ttpi hanya sbntr dan tdk dihiraukan. semoga bermanfaat bagi yang lain. Lebih baik periksakan segera krn proses penyembuhan operasi seperti saya berlangsung lbh lama dr usus buntu yg biasanya.

    BalasHapus
  23. Saya baru di operasi 15 hari yg lalu..awalnya memang seperti maag dan sering datang dua tahun blakangan kadang enam bulan skali..kemarin saya tugas di papua tiba tiba da kronis usus buntu dan harus operasi..sungguh sedih operasi jauh dari keluarga di jkt..syukur operasinya berjalan dgn lancar..buat yg punya gejala usus buntu sebaiknya di operasi saja sebelum kronis. Salam

    BalasHapus
  24. Jd tringat dgn almarhum adk saya yg d oprasi usus buntu pasca oprasi krn sering menggigil kedinginan dan pucat harus d oprasi ulang krn kata dokter terjadi infeksi pada operasi pertamanya dan akhirnya di opreasi yg kedua tp allah berkehendak lain sehari setelah d operasi yg kedua adk saya malah terkena hepatitis B dan kena kanker usus besar.dokter sudah mengoperasi ususnya dan adk saya tdk bertahan lama. Sehari setlah oprsi kedua adk saya akhirnya meninggal dunia..slamt jln adk q smg allah memberikan t4 yg baik untukmu dsna.amin..amin..amin.

    BalasHapus
  25. Diatas pertama disebutkan hindari makanan yg berkarbohidrat tinggi. Krn makanan yg berkarbohidrat tinggi kg mengandung gula yg dpt menyebabkan gas. Tapi kenapa dibawahnya disebutkan makanan yg dianjurkan adalah nasi 😅😅😅 maunya apa?

    Tp thanks infonya. Btw saya kemarin baru menjalani operasi appendix akut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang atas hanya beberapa hari setelah operasi. Tapi yg bawah setelah pasien dibawa kerumah untuk proses penyembuhan.

      Hapus
    2. Mungkin yang atas hanya beberapa hari setelah operasi. Tapi yg bawah setelah pasien dibawa kerumah untuk proses penyembuhan.

      Hapus
    3. Mungkin yang atas hanya beberapa hari setelah operasi. Tapi yg bawah setelah pasien dibawa kerumah untuk proses penyembuhan.

      Hapus
    4. Wahhh saya jg mengalami hal yg sama dgn mas baru aja td pulang ke rumah. Awalnya tidak merasa apa2, tp langsung pada hari senin 26 09 2016, di kerjaan usai istrahat makan terasa nyeri di seluruh perut. Panasnya gak ketulungan. Kirain keracunan makanan. Krn saat itu beli nasi dari warung. Tp saya lngsung mikir, kalo keracunan makanan psti muntah2. Akhirnya saya curiga perut saya masuk angin, mgkn gejala angin duduk. Tpt pukul 15 lwt dikit saya ke klinik dekat tmpt kerjaan. Wajah sudah pucat pasi. Dokter malah bilang kram usus. Lalu di ksh obat utk kram usus. Suntik sampai 2x tidak ada perubahan. Kuputuskan utk pulang kerumah. Tetangga2 menyarankan di urut supaya anginnya keluar. Pas saat di urut, setiap di sentuh perut sebelah kanan, beda rasa sakitnya. Tp saya blm curiga dgn hal itu. Setelah tengah malam baru terasa perut sebelah kanan nyeri saat mau jalan ke kamar mandi, mau naik ke tmpt tidur sakitnya gk ketulungan. Dari ciri2 itulah saya putuskan bahwa saya mengalami penyakit usus buntu. Besoknya selasa 27 09 2016, saya kembali ke klinik dan lngsung bilang, sprtnya saya kena penyakit usus buntu. Dan dokter yg di klinik membetulkan hal itu. Langsung dibuat surat rujukan ke RS yg lbh besar dan mendukung peralatannya. Syukurlah, setelah konsultasi dgn dokter yg menangani, diputuskan di operasi jam 8 malam. Operasinya sukses selama 2,5 jam. Anehnya tanpa ada aba2 sebelumnya, atau merasakan hal yg sama sblm operasi, ternyata ususnya sdh sempat bernanah. Ternyata usus buntu jg ada akutnya yaaa...
      Syukurlah, td 29 09 2016 di bolehkan pulang.
      Buat semuanya, jika ada yg merasakan sprt yg saya rasakan, saran saya, jgn di urut. Krn bisa menyebabkan pecah di usus buntu-nya. Krn jika pecah, semua usus keracunan. Dan terpaksa operasi caesar (operasi besar) usus di keluarkan dan di cuci. Itu keterangan dokter yg menangani saya...
      Skrng saya msh menahankan rasa nyeri pasca operasi usus buntu alias apendik. Dibawa batu dan ketawa, psti kesakitan dahhh hahahahahha...

      Hapus
    5. Halo Pak Tom Bush bagaimana kondisi sekarang apa sudah pulih? Saya juga baru operasi tanggal 27 12 2016 tanggal 29 12 2016 dibolehkan pulang.
      Tinggal menahan nyeri kalau batuk dan dan ketawa. Hahaa

      Hapus
  26. Anak saya habis operasi usus buntu. Ada dua luka pasca operasi, yi luka usus dan luka sayatan perut. Nah segala diet tsb untuk luka usus kering dahulu, baru duberi beban pencernaan yang berat.

    BalasHapus
  27. Anak saya habis operasi usus buntu. Ada dua luka pasca operasi, yi luka usus dan luka sayatan perut. Nah segala diet tsb untuk luka usus kering dahulu, baru duberi beban pencernaan yang berat.

    BalasHapus
  28. Apakah puding baik untuk dikonsumsi pasca operasi appendik

    BalasHapus
  29. mau berbagi pengalaman juga... tgl 10 nov 2016 kemarin, saya menjalani operasi usus buntu setelah mengalami mual selama 1 minggu dan sulit berjalan karena perut kanan sakit... operasi berjalan lancar..proses penyembuhan juga berjalan cepat...tapi tiba2 diatas bekas jahitan saya muncul benjolan keras dan agak terlihat memar..setelah saya periksa kembali ternyata ada gumpalan darah yang tertahan tdk bisa keluar..akhirnya tanggal 25 nov 16 dilakukan operasi yg ke 2 untuk mengeluarkan darah tsb :( Alhamdulillah skrg sdg masa pemulihan..ternyata penyebab nya karena saya terlalu cepat melaksanakan aktifitas.. jd pelajaran bgt untuk lebih berhati2 lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Tika pasca operasi apakah disuruh bed rest & setelah itu suruh coba duduk & berjalan ?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  30. Iya betul itu mba,,aku aja ni yg dari kemaren oprasinya belum bisa makan dan minum sampe skarang,,emang harus kaya gitu prosodurnya ya mba???
    Trus,selai makanan dan minuman hal-hal apa lagi yang jadi pantangan lainnya mba???
    Apa seperti,tidak bisah duduk dan jalan dulu setelah seharian pasca operasi??
    Mohon di balas ya mba,soalnya aku masi proses penyembuhan ni mba.

    BalasHapus
  31. Sedikit sharing. Saya juga terkena apendisitis atau usus buntu, sekarang sudah 3 hari di rumah sakit dan alhamdulillah sudah bisa jalan2 ringan.
    Kesehatan itu baru terasa berharga ketika kita Sudah sakit, jadi pastikan jaga kesehatan dan pola makan sebelum terserang penyakit

    BalasHapus
  32. Saya tangal 7 januari kemarin oprasi usbun tapi beleknya di bawah pusar bukan seperti yg saya liahat sebagian orang pernah usus buntu. Dan saya masih pemulihan karna mengeluarkan cairan di bekas oprasi, eh di buka jaitanya yg mengeluarkan cairan. Padahal masih basah dan seperti meloek gitu bekas sayatanya. Kata doktersii nga papa. Eh di minggu ke 3 melenting seperti bisul di bekas sayatan/jahitan yg masih basah di lepas. Apa ada yg mengalami seperti saya?

    BalasHapus
  33. Saya lagi proses penyembuhan pasca operasi Usus Buntu, kerja blm bisa, aktivitas terbatas, cma bisa istrht dn mobilitas ringan. Ayo kita jaga pola hidup sehat, jgn sampai lalai, klo udh sakit baru ada rasa Penyesalan...

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Ttapi kalo sya. Operasi ny nyampe 2x bongkar. Krna nana dan darah ny masih ad. Skrg aj ud 2mnggu lbih d opname dRS.blum bisa pulang.. ap ad yg prna mngalami seperti sya

    BalasHapus