Contact Person 083.827.778.005 . SMS DENGAN FORMAT : JUMLAH PESAN - NAMA - ALAMAT LENGKAP - NO HP

Senin, 22 Juni 2015

Cara Menurunkan Gula Darah Yang Tinggi Serta Pantangan Makanan Gula Darah





devina putri | 20.58 | 63 Comments




Kadar gula darah tinggi merupakan faktor pemicu yang dapat meningkatkan munculnya penyakit diabetes mellitus. Pada tahun 2013, Indonesia memiliki sekitar 8,5 juta penderita Diabetes yang merupakan jumlah ke-empat terbanyak di Asia dan nomor-7 di dunia. Dan pada tahun 2020, diperkirakan Indonesia memiliki 12 juta penderita diabetes. Gula darah tinggi biasanya disebabkan oleh rendahnya tingkat insulin (Diabetes mellitus tipe 1) dan atau resistensi terhadap insulin pada tingkat sel (Diabetes mellitus tipe 2), tergantung pada jenis dan keadaan penyakit. Tingkat insulin rendah atau resistensi insulin mencegah tubuh dari mengkonversi glukosa menjadi glikogen. Dengan kadar glukosa normal, jumlah total glukosa dalam darah pada saat tertentu hanya cukup untuk memberikan energi untuk tubuh selama 20-30 menit. Sehingga kadar glukosa harus tepat dikelola oleh mekanisme kontrol internal tubuh.
Penyebab gula darah tinggi 
  1. Rusaknya pankreas 
  2. Terjadinya resistensi insulin
  3. Penurunan kualitas insulin
  4. Faktor genetis atau keturunan
  5. Terjadinya penyakit degeneratif
  6. Perubahan hormin semisal pada wanita hamil
  7. Dan lain sebagainya
 
Gejala atau ciri-ciri gula darah tinggi 
  1. Sering kelaparan
  2. Sering haus, terutama haus yang berlebihan
  3. Peningkatan volume buang air kecil
  4. Penglihatan kabur
  5. Kelelahan (kantuk) 
  6. Berat badan menurun
  7. Penyembuhan luka yang buruk (luka, goresan, dll)
  8. Mulut kering
  9. Kulit kering atau gatal
  10. Kesemutan di kaki atau tumit
  11. Disfungsi ereksi
  12. Infeksi berulang, infeksi telinga luar
  13. Mood tidak stabil
  14. Kram otot 
  15. Mati rasa
  16. Infeksi jamur
Baca juga [ Cara Mencegah Penyakit Komplikasi dan Pengobatannya ]

Beberapa hal yang mempengaruhi kenaikan kadar gula darah diantaranya:
  • Karbohidrat
Mengonsumsi banyak karbohidrat atau bentuk lain dari gula bisa menyebabkan naiknya gula darah.Tubuh tidak sanggup memproses karbohidrat yang berlebih menjadi energi dengan cepat, sehingga tingkat gula darah bisa meningkat dalam waktu yang singkat.
  • Makan makanan manis
Terlalu banyak makan makanan yang mengandung banyak gula, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin untuk memproses gula tersebut. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak membran seluler yang membuka untuk penyerapan glukosa darah ke dalam sel.
  • Kontrol insulin
Kurangnya produksi insulin dalam tubuh.
  • Stres
Suasana hati/pikiran yang tidak stabil juga bisa sangat berpengaruh terhadap gula darah dan menyebabkan tingginya kadar gula darah.
  • Resistensi insulin
Orang yang mengalami resistensi insulin, hanya sedikit membran sel yang terbuka sehingga tidak mampu mendeteksi insulin dengan baik. Sehingga, glukosa serta insulin akan tetap utuh dalam darah sementara beberapa sel akan kekurangan asupan glukosa.
  • Kurang olahraga
Kurang olahraga bisa menyebabkan gula darah meningkat, dan olahraga teratur setiap hari bisa membantu mengatur tingkat gula dalam darah.
  • Infeksi, penyakit, dan operasi
Ketika mengalami sakit, infeksi, atau menjalani operasi, kadar gula dalam darah biasanya naik lebih cepat dibanding pada orang yang tidak sakit atau mengalami infeksi.

Berikut adalah cara menurunkan gula darah yang tinggi seperti dilansir dari healthmeup.com

  • Jangan melewatkan jam makan
Hindari melewatkan jam makan sebab setiap kali Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kadar gula darah Anda akan terdorong lebih tinggi. Hal ini terjadi karena ketika Anda kelaparan maka bahan bakar tubuh Anda adalah glukosa yang dilepaskan dari hati yang lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.
  • Konsumsi karbohidrat sehat
Karbohidrat adalah salah satu unsur makanan yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun pilihlah dengan bijak seperti tidak mengonsumsi roti tawar putih sebab roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.
  • Konsumsi kayu manis
Sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kayu manis akan turun gula darahnya sebanyak 18-29%. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda menambahkan rempah-rempah ini pada kopi, teh, atau bahkan plain yogurt Anda. Selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambahkan kayu manis dapat memberi rasa lain pada makanan Anda.
  • Tidur cukup
Ada banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Sehingga pastikan bahwa setidaknya Anda tidur 8 jam setiap malam.
  • Makan lebih banyak kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan tinggi serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna yang berarti bahwa makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa. Di sisi lain, kacang juga sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah


Makanan sehat untuk penderita gula darah tinggi

  1. Oat
  2. Roti gandum dan ubi jalar
  3. Beras merah, dan roti whole grain
  4. Susu krim dan yogurt rendah lemak
  5. Buah-buahan (Apel, pir, alpuket dan jeruk)
  6. Ikan-ikanan (Makarel, sarden, dan salmon)
  7. Daging unggas dan daging merah rendah lemak
  8. Sayur-sayuran: Labu, pare, bayam, terung muda, kulit jeruk.
  9. Kacang-kacangan: kacang polong, kacang panjang, dan buncis. Makanan tersebut bisa memberikan asupan zat yang sangat dibutuhkan penderita gula darah tinggi.

Pantangan makanan bagi penderita gula darah tinggi

  1. Nasi.
  2. Alkohol.
  3. Roti putih. 
  4. Kuning telur.
  5. Pasta dan mie.
  6. Nangka dan durian.
  7. Kafein (kopi), dan soda. 
  8. Nangka, durian, pisang, sirsak, mangga, dan melon. 
  9. Gorengan dan makanan bersodium tinggi: kue asin, keripik asin.  
  10. Makanan yang mengandung gula (teh manis, kue, donat, mentega, kurma, dan madu).
Tips mengontrol kadar gula darah tinggi :
1. Perhatikan jumlah porsi makanannya.
2. Perhatikan pola/ jadwal makannya.
3. Hitung jumlah kalorinya agar dapat di netralisir.



By devina putri
Terimakasih yang sudah mengunjungi blog kami, semoga informasi kami dapat bermanfaat







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

63 komentar:

  1. Kalau gula darah itu ada sifat turunan nggak iya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu fakor yang mempengaruhi bisa jadi juga keturunan

      Hapus
    2. Saya ada luka yg lama keringnya, kata dokter itu alergi, tapi saya takut kena gula, walaupun dari segi keturunan, keluarga tidak ada yang terkena diabetes

      Hapus
    3. sebaiknya cek gula darah aja mas fazri

      Hapus
  2. huwaa.. saya suka banget makan makanan manis. Sehari gak makan yg manis, serasa ada yg kurang gitu.
    Jadi takut kena diabetes :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut mba, selagi tidak menimbulkan ciri2 yang tadi sudah saya jelaskan, berarti kesehatan mba baik2 saja :)

      Hapus
  3. pengin punya sendiri alat tes gula darah, spy terkontrol.
    terimakasih artikelnya menambah pengetahuan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang sudah terdiagnosis penyakit gula , saran saya sih mendingbeli alat tes

      Hapus
    2. alhamdulilah saya msh dlm batas aman, namun nenek saya punya riwayat gula. bener juga mb devina ini, beli alat tes lbh baik.

      mba saya sdh follow blog ini, jika berkenan silakan follow me back. naaaah jadi makin akrab kan? :) manfaat juga akan menyertai, insyaa Allah.

      Hapus
    3. sudah di follow kembali ya bu,
      makasih ya sudah berkenan mampir :)

      Hapus
  4. cara menurunkannya akan saya ikuti nih agar gula saya tidak menjadi tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya naruh gulanya jangan di tempat yang tinggi, biar gak susuh nuruninnya attuh mang,hehe..!!

      Hapus
    2. iya bener tuh mang cilembu apa kata mba devy

      Hapus
    3. hadeuh...di bulii sama para gadis nu mararanclis euy sayah teh...tapi asik kok..heuydeuh

      Hapus
  5. Kebetulan saya kurang suka makanan dan minuman manis, tapi tetap perlu waspada ya. Terima kasih buat infonya yang lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2
      terimakasih atas kunjungannya

      Hapus
    2. Walaupun kurang suka,, kita juga harus memenuhi kebutuhan tubuh dengan yang manis-manis, intinya sih jangan berlebihan,, iya kan mba Dev?

      Hapus
  6. Wah, aku suka banget makan/minum manis, nih :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...pantesan mbak indi terlihat manis ya,

      Hapus
    2. hehehee , iya mba indi manis :)

      Hapus
  7. Komsmsi kayu manis,
    sangat menarik,dan hampir kebanyakn tidak banyak yang tahu, masalahnya mungkin didaerah tertentu katu manis mudah ditemukan, tetapi kalau sidah di KOTA, paling-paling kalau ingin memasak sesuatu saja baru membelu katu manis ini,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di supermarket atau di mall memang nya ga ada mba? biasanya kalo di pasar ga ada, di mall suka tersedia bumbu2 dapur yang lengkap

      Hapus
  8. Gula darah...Ini yang menjadi pemikiran saya sekarang mbak. Apalagi kebiasaan saya yang kurang banget waktu untuk tidur...Mudah-mudahan pencerahan mbak ini bisa diterapkan untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang mulai naik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pa uda awak sudah mau berkunjung :)
      semoga bermanfaat

      Hapus
  9. wah bermanfaat banget nih infonya..
    gula itu musuh dalam selimut. hehe..:D

    BalasHapus
  10. saya sangat suka sekali makan atau minuman yg manis2, ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya Penyakit Gula Darah ya teh.. ternyata makan Kacang-kacangan yg banyak tidak menyebabkan peningkatan pada gula darah yah. terima kasih teh atas masukannya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya sih penyebabnya kerusakan pankreas aja, jadi banyak makan manis ga mempengaruhi pasti akan terkena diabetes, kan kemungkinan paling besarnya faktor keturunan

      Hapus
  11. kalau kebanyakan mengonsumsi karbohidrat yang bikin kna penyakit ini, berarti makan nasi juga tidak boleh terlalu sering kah,? kan di nasi banyak karbohidrat

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksdnya begini, kalo yang sudah terkena penyakit gula darah sebaiknya jangan terlalu banyak makan nasi, kalo mau makan nasi merah, atau roti gandum,

      Hapus
  12. ini sangat bermanfaat bagi saya mba, mudah-mudahan gula darah saya terkontrol. makasih banget

    BalasHapus
  13. Cara menurunkan gula darah tersebut, kira-kira bisa digunakan sebagai cara mencegah supaya terhindar dari gula darah nggak ya? Akhir-akhir ini sering kelaparan dan mood tidak stabil, takutnya ini gejala.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ko di terapkan, tips nya udah di jelasin, walaupun singkat hehe

      Hapus
  14. Waduh,, kurang berolahraga juga bisa jadi penyebab kadar gula darah meningkat, pas puasa gini rasanya males bgt berolahraga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya kalo puasa badan nya lemes banget,, tapi setidaknya sedikt2 bisa olahraga kecil di rumah, kaya sit up , pus up kan itu olahraga santai

      Hapus
  15. kalau karbohidrat aku sedikit dikurangi, tapi mana tahan sama yang manis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo memiliki penyakit gula darah lebih baik di kurangi aja mba, kan untuk pencegahan :)

      Hapus
  16. semoga saja tidak mengalami hal penyakit seperti itu

    BalasHapus
  17. Pantangan makananya banyak banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masih makanan loh mbak, belum sampai tahap pantangan minumnya. hehehe..!!

      Hapus
  18. wah sip nih kebetulan mertua saya diabetes makasih ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, terimakasih atas kunjungan nya

      Hapus
  19. Mau tanya mbak, bapak saya gula darah, tp suka minum dengan gula, itu bisa brpengaruh ndak mbak,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya kalo udah punya penyakit gula aga di kurangi aja minum yang manis.

      Hapus
  20. kurang tidur bisa juga jadi penyebab gula darah naik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tapi kalo memiliki riwayat penyakit gula

      Hapus
  21. Untung saya ga mengalami tanda-tanda di atas :)

    BalasHapus
  22. harus hidup sehat nih...ngeri juga jika terserang gula darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, lebih baik mencegah dari pada mengobati

      Hapus
  23. ngeri juga ya mbak saya sangat takut dengan penyakit yang satu ini :D
    karena kalau sudah kena sangat banyak pantangan nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya apa lagi , di indonesia penyakit terbanyak salah satu nya penyakit diabetes

      Hapus
  24. Saya suka cepet cape, Takut kena diabetes, soalnya suka makan terlalu larut malam dan langsung tidur... Tapi badan saya tidak terlalu gemuk, seperti kebanyakan orang yang terkena diabetes,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk memastikan memiliki penyakit gula darah, bisa di cek lewat pemeriksaan darah di ruma sakit juga bisa

      Hapus
  25. makanya kopiku tidak pernah manis hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti mas waroeng suka nya kopi pait dong

      Hapus
  26. gula darah yang tinggi emang sangat bahaya,oleh karena itu harus menghindari makanan yang dipantangkan diatas juga ma mbak.

    BalasHapus
  27. Aduhhh,,,,jd ngeri..semoga kita semua terhindar dari penyakit...

    BalasHapus
  28. https://www.facebook.com/nie.ynkclltersakiti/photos?source_ref=pb_friends_tl

    BalasHapus